Al-Qur'an Hijau yang datang

Hari itu, 22 November 2017

Aku sedang belajar matematika, mengerjakan soal, dan memakai kacamaya ungu berlensa silinder. Berniat untuk memasukkan buku yang sudah memenuhi meja. Kemudian aku menemukan sebuah benda yang asing-bukan milikku. Warnanya hijau, bermotif, ah indah. Aku membukanya secara perlahan. Hal yang pertama aku lakukan ketika memegang dan membukanya, bukan mengucapkan "Alhamdulillah" sebagai rasa syukur. Akan tetapi justru pertanyaan bodoh yang kulontarkan, kepada teman sekelasku, saat itu.

"Ini punyanya siapa?"

Pemberinya memberikan sebuah tanda. Sobekan kertas kecil, bertulisan arab, dan kemudian ada tulisan dengan huruf balok berantakan tertulis "HBD".

Oh iya, jelas. Tidak ada yang merespon. Mereka mengabaikanku, menganggapku tidak penting. Akhirnya kuputuskan untuk tidak menanyakanya lagi, untuk menenagkan pikiranku, tentu. Mencgah rasa sakit yang mungkin saja nantinya timbul jika aku tetap meneruskanya. Hal yang harus kamu tahu tentang aku. Aku adalah tipe orang yang loyal, dan aku sangat mudah sakit hati terhadap orang yang tidak meresponku. Apakah kamu sepertiku juga, atau tidak? 

Malamnya, aku maish dilanda rasa penasaran. Siapa yang memberikan ini untukku. Kuputuskan untuk membawa Al-Qur'an ini ke orang tuaku, lalu menanyakanya pada mereka-yang tentu tidak ada jawaban yang pasti akan hal itu. Kemudian ibuku berkata, "Ini kamu dikado, dari tulisanya anak cowok.", kemudian diriku mangguk-mangguk bego ala anak cewe dikasi kado sama pacarnya sendiri. Padahal diriku saja punyatambatan hati aja ngga, sedih banget ya. haha.

Kubuka ponselku, kuutuskan untuk menayakanya pada temanku, mungkin saja ada yang memberinya dan sengaja menanonimkan.  Tenyata gada.

Dan sekarang 26 November 2017,
Tidak ada yang tahu siapa yang memberikan ini padaku, akan tetapi satu hal yang aku sadari adalah pemberinya mencocokan warna Al-Qur'an ini dengan rukuh yang biasa aku pakai untuk sholat di mushalla. 

Jika kamu, wahai pemberi. Membaca tulisan ini, aku ingi mengatakan terimakasih banyak karena telah mengingatkanku, dan mengajakku untuk hijrah, walaupun secara tidak langsung.

Komentar

Postingan Populer